Thursday, August 24, 2017

Pengalaman interview di PT Bina Talenta sebagai Call Center


Halo reader's, selamat datang di Blog aku yang isinya kebanyakan ngepost materi-materi kuliah, dan updatenya kalau lagi mood saja hehe..sekali-kali share pengalaman apa gitu ya, biar gak garing blognya. Oh ya, Menyambung dari postingan yang sebelumnya, tentang interview job yang lain (lihat postingan toko emas Semar). Aku mau bercerita tentang pengalaman interviewku di PT Bina Talenta. Sebenarnya ini sudah agak lama, pokoknya lebih dari seminggu sejak aku interview di toko emas semar nusantara, tapi baru aku posting sekarang karena lagi mood dan ada waktu hehe.. Ada yang tau PT Bina Talenta itu apa? Kalau belum tau tak kasih tau, PT Bina Talenta itu salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa tenaga kerja alias perusahaan outsourching. Tau kan outsourching itu tipe perusahaan seperti apa? Yang belum tau silahkan googling sendiri ya coz aku lagi malas ketik dan copasnya. Yang ku tau Perusahaan outsourching itu banyak bergerak di bidang penyedia rekruitment tenaga kerja untuk posisi call center, CS, teller, admin, SPG, sales, front office, telemarketing, IT dll pokoknya banyak bidang spesialisasi yang ditawarkan tergantung kebutuhan vendornya apa. Biasanya untuk tipe perusahaan seperti ini, aku ambil contoh bidang pelayanan pelanggan CS/Call center, yang melamar untuk posisi tersebut rata-rata para fresh graduated yang baru anget-angetnya lulus dan ngebet banget untuk cepat-cepat kerja nyari duit dan pengalaman kerja tentunya (?) Eaaa... Tapi tidak semua loh ya.. ada banyak juga kok, yang sudah punya pengalaman kerja berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tapi tetap saja melamar di perusahaan outsourching, mungkin karena salah satunya faktor jobless belum dapat pekerjaan baru, atau juga bisa jadi nggak ada kapok-kapoknya kerja di outsourching *macam aku ini* hahaha :). Btw, untuk info lebih jelas dan spesifik mengenai PT ini silahkan agan dan sista bisa Googling sendiri di internet.
Next, lanjut... Aku apply di PT tersebut untuk posisi call center grab, penempatan di Yogyakarta. Seingatku aku apply lewat jobstreet hari minggu / senin *lupa* lalu, hari Selasa aku di telpon oleh PT Bina Talenta untuk ikut interview hari rabu jam 13.00 wib di hotel Sheraton mustika yogyakarta lantai 4. Pada saat ditelpon *mgkin hrd* menanyakan tentang kesanggupanku bisa datang interview atau tidak, sedikit penjelasan tentang job desk, gaji dan benefit yang didapat. Aku iya iyakan dan bersedia untuk ikut interviewnya esok hari. Hari rabu pun tiba aku langsung meluncur ke hotel Sheraton mustika dan nyari gedungnya. Perjalanan ke sana makan waktu 1 jam lebih karena agak muter-muter juga nyari hotelnya. Maklum aku masih buta sama daerah Yogyakarta. Sampai di gerbang pintu masuk, aku disambut oleh pak satpam yang jaga disana. Beliau menanyakan keperluanku apa. Aku jawab mau ikut interview di PT Bina talenta, dan langsung pak satpamnya ngasih tau jalan ke arah gedungnya. Dari gerbang utama hotel sampai ke tempat tujuan lumayan jauh kalau jalan kaki. Hehe..

Setelah sampai di gedungnya, aku lalu menghampiri petugas yang jaga dan aku di beri form untuk isi aplikasi biodata, dll. Setelah aku isi kelengkapan form nya, aku menunggu sampai namaku di panggil. Setelah nunggu agak lama, namaku akhirnya di panggil dengan beberapa orang yang lain kalau nggak salah ada sekitar 7 orang yang di panggil. Kita ber 7 masuk ke satu ruangan dan kita di brefing sama hrdnya, di jelasin job desk call center, basic salary, tunjangan lembur, shifting, prosedur resign, prosedur cuti, dan BPJS. Di beri tau juga untuk hari ini akan ada 2 kali interview. Setelah selesai di brefing, kita diminta ngumpulin berkas-berkas yang tadi kita isi dan diminta menunggu nama kita di panggil satu persatu. 
Untuk interview 1 aku diminta untuk memperkenalkan diri seperti biasa, pengalaman kerja, jobdesk call center itu ngapain aja, apa yang diketahui tentang aplikasi transportasi online, dan gimana cara menyikapi keluhan dari customer tentang aplikasi transportasi online, punya riwayat penyakit apa, tentang shifting keberatan nggak? dan kesiapan kerja kapan. Intinya seperti gitu dan interviewnya agak lama dikit karena sewaktu ditanya pengalaman kerja, aku jawab pernah jadi agent call center lebih dari setahun, dan aku diminta praktek jadi customer dan call centernya sekaligus. Aku juga di minta coba beri contoh case yang biasa di hadapi call center, dan case menghadapi pelanggan transportasi online. Untuk yang pertama aku beri contoh case dari salah satu provider telekomunikasi, dan yang kedua aku cerita punya pengalaman nggak bisa pake promo go-pay gojek dan kalau misal aku ada di posisi call center solusi apa yang bisa aku berikan. Untuk case grab, aku blm bisa beri contoh karena emang aku belum pernah menggunakan aplikasi grab dan juga blm di training. Oh ya, untuk interviewnya full menggunakan bahasa Indonesia dan pertanyaan interviewnya tiap orang beda-beda tergantung latar belakang dan profile juga hehe..
Setelah interview 1 berakhir, kami para pelamar diminta menunggu pengumuman interviewnya hari itu juga. Setelah Ketujuh peserta selesai interview 1, tak lama kemudian mbak hrd nya keluar ngasih pengumuman nama-nama yang lolos interview 1. Yang lolos interview 1 lima orang, dua orang gagal. Dan yah.. nama aku termasuk yang lolos interview 1 dan tahap selanjutnya nama-nama yang lolos silahkan bisa ikut interview 2. Yeay... Alhamdulillah harus bersyukur.
Untuk interview 2 nunggu lagi dan lumayan agak lama. Setelah sekian lama menunggu akhirnya nama aku di panggil juga. Yang interview mas-mas yang badannya besar *aku gak tau namanya siapa* maaf ya.. interview nya di suruh perkenalan diri, pengalaman kerja, jobdesk kerjaan sebelumnya apa, bisa bahasa Inggris nggak, keahlian Microsoft officenya bagaimana, alasan jadi call center apa, punya riwayat penyakit apa, shifting dll. Interview singkat saja. Setelah interview 2 selesai, aku diminta menunggu maksimal 2 minggu untuk hasilnya kalau lolos akan diberitahu via telpon.

Itulah pengalamanku mengikuti interview di PT Bina talenta untuk posisi call center Grab. Thank u sudah berkunjung ke blog ini. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya :)

56 comments:

  1. Mbaknya ketrima disana kah? Share disini ya mbak yesirahmaa@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lolos seleksinya. Tp aku gak jadi ambil job nya. Krn aku Sudah dapat job yang lain, hrs pilih salah satu.hehe 😄

      Delete
    2. sistem shiftnya akan di jelaskan apabila kamu mengikuti interviewnya :)

      Delete
    3. Tapi kak Yeni ini perusahaan nipu gak??

      Delete
  2. Replies
    1. 😂😂 kerjanya masih di seputaran dunia pelayanan Customer.hehe

      Delete
    2. Mau tanya nih mba. Saya dapat panggilan interview Call center transportasi online dr PT. jola Mitra Utama untuk hari Senin besok. Saya ragu untuk datang karena beberapa hal karena saya bertanya2 apakah apabila kita bekerja di sebuah perusahaan katakanlah Grab apakah gaji kita nantinya akan dipotong? Saya baca beberapa artikel, perusahaan outsourcing/ penyalur tenaga kerja bisa memotong gaji karena perusahaan tsb telah berjasa memasukkan kita ke perusahaan tempat kita bekerja. Apakah benar mba? Oya saya mau tanya juga, mba bekerja sbg Customer Service melalui perusahaan outsourcing semacam PT. bina Talenta, PT. jola Mitra Utama dan kawan2 nya? Kalau iya, pasti mba bisa jawab ketidaktahuan saya ini. Mohon pencerahannya mba. Terima kasih banyak 🙏

      Delete
    3. Yang namanya perusahaan Outsourcing ya sperti itu. Tp untuk potongan nya juga gak sampai di bawah upah minimum kok, jadi gak usah khawatir 😊, biasanya akan disesuaikan dengan upah minimum masing2 kota, dan ada insentif2 jg. Aku krja jadi CS melalui outsourcing, krn jaman skrng rata2 perusahaan besar cari tenaga Customer servicenya melalui jasa perusahaan outsorcing.😃

      Delete
  3. Aku hari ini dipanggil wawancara oleh PT. Bina Talenta di Hotel Sheraton juga tapi tidak datang. Aku lebih prioritasin yang lain. Semoga keputusanku benar :)

    ReplyDelete
  4. Beberapa juga ada peserta dari PT Jola Mitra Utama, apakah sudah ada yg pernah ikut interview CS di PT Jola. Please share kalau ada. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ada panggilan dari PT. Jola Mitra Usaha Call Center Transportation untuk hari Senin besok tapi masih ragu2 datang atau engga. Masnya pernah datang interview?

      Delete
    2. Kalau di PT. Jola Mitra Usaha sekali no mas masuk sana pasti nnti ada pnggilan lagi walaupun mas gak masukin lmaran mllui pt tsb. Kbtulan saya sdah bbrp kali dpt pesan sprti itu tp sya tdk prnh mlamar dstu. Terimakasih dan Sukses all..

      Delete
  5. itu gajinya Dijelasinnya berapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gaji tidak usah di bahas di sini ya. Kalau kamu dapat undangan interview ikut aja, nanti juga akan diberitahu akan digaji berapa 😊. Klo cocok ambil, kalau gak cocok ya mundur.haha

      Delete
  6. Klo aq sih ambil aja pengalamanku ikut pt bina talenta lumayan enak kok untuk potongan cuma kena bpjs kesehatan dan bpjs ketenaga kerjaan, tp karna bpjs kesehatan aq pake mandiri maka, aq cuma kena bpjs ketenaga kerjaan dan pensiun aja, total potongan gak sampe 100rb.
    Dan gajian gak pernah telat tiap tgl 6 dan klo tanggal 6 kena tgl merah biasanya malah maju. Hehe cuma share pengalaman aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak mau nanya kontrak kerjanya apakah harus 1 tahun?apa ada training dlu beberapa bulan gtu?

      Delete
    2. Kalau kontrak kerja setahun dan biasanya ada perpanjangan kontrak. Klo training ada, dan berapa lamanya disesuaikan dgn kebutuhan.

      Delete
    3. sistem shiftingnya gimana ya kak di PT bina talenta?

      Delete
  7. Aku dapat panggilan juga di PT. Bina Talenta tp nggak di ambil setelah tau itu outsourcing. Semoga keputusanku benar

    ReplyDelete
  8. Ask mbak. Saya lolos di interview ke dua bersama user lewat pt.jola mitra utama di hotel sheraton yogyakarta. Nah setelah itu ada tahapan lagi dimana saya harus mengumpulkan berkas ke pt jola via email. Pertanyaan nya adalah apakah pengumpulan berkas tersebut masih sebagai pertimbangan di trima atau tidak nya ataukah tidak ber pengaruh karena saya sudah dapat pengumuman bahwa saya lolos interview dengan user.?. Saya melamar di bidang CS Grab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas saya juga dapat panggilan interview dari pt.jola mitra usaha besok pagi di hotel indrakila . Itu beneran kan ya mas? Hehe takut kena tipu soalnya

      Delete
    2. Gmna mbak/mas? Pt jola mitra utama beneran gak?

      Delete
  9. Coba baca kaskus mbak/mas, aku jg dapet panggilan dari pt jola mitra utama besuk pagi. Tapi ragu jeee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih gmna aku jg ada panggilan di jogja nipu g ya

      Delete
  10. Gak nipu kok mas mbak, saya barusan datang interview nya.

    ReplyDelete
  11. Jd gmn mas intrviewnya di jola?ada intrview lnjutan gak?sy dpt pgln jg bsk

    ReplyDelete
  12. Pengalaman saya interview di PT Jola Senin minggu kemarin, di jelaskan bahwa tahapan interview nya ada 2 tahap. Interview Awal dan User. kebetulan saya masuk user, dan kerjanya di hotel sheraton, gak lama dari interview user langsung diumumkan hasilnya kok, sekarang saya sudah masuk training..sharing saja.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sistem shiftingnya gimana kak di PT Jola?

      Delete
    2. untuk trainingnya berapa bulan kak? digaji kah? soalnya aku senin besok juga ada panggilan interview di pt jola, dan rumahku luar kota jdi mau tanya2 dulu, makasih banyak

      Delete
    3. Untuk training d gaji kok dan lamanya training 1 bulan.
      Dan menurutku lebih longgar pt. Jola sih karena walau agak cadel masih bisa ketrima tp klau bina bener2 ketat kelihatan cadel ya g lolos

      Delete
  13. Pen coba sih biar gak nganggur. Enak lewat Jola, Bina Talenta, apa Vads ya?

    Terus kalo misal kontrak 1 th, sebelum 1 th mau resign gimana? Apa kena pinalty meskipun sesuai prosedur?

    1 lagi, bisa ambil cuti gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jola, bina talenta dan vads sama2 perusahaan outsourcing. dicoba aja dari pada nganggur.. hehe

      klo kontrak blum satu tahun misalnya kamu keluar tp OMN / One month notice tidak akan di kenakan penalty karena sesuai prosedur. tp klo resign dadakan, bisa jadi kena. itu di vads, kalau yg outsoucing lain tidak tahu.

      bisa ambil cuti kok tp biasanya nunggu 3 bulan dulu.

      Delete
  14. Kalau sholat dimudahin ga ya trs kalau pakaiannya syari gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar share aja ya mbk kita d mudahin kok buat shilat tp ya harus antri kan kita di call center tuh klau semua solat ya wassalam siapa yg ngelayani pelanggan
      Kalau untuk pakaian syari gpp kok pakaian bebas rapi kok aq jg lg training disana dan bnyak jg yg pakai pakaian syari

      Delete
  15. apa ada yang tahu gajinya berapa per bulan..?

    ReplyDelete
  16. Kak ..
    kalau ditanya alasan jadi Call Center jawaban yang baik seperti apa Kak ?
    Kakak biasanya jawab gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban yang baik gmn ya. klo dulu aku spontan jawab saja. Ingin mencari pengalaman kerja, ingin belajar dan ingin mengetahui lebih tentang pelayanan ke customer. Hehe

      Delete
  17. Mba mau tanya klo masuk di situ harus sarjana? Apa gmna??
    Dan klo sarjana harua ssuai jurusan apa smua jurusan bisa.? Trmaksih sblum nya ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. lulusan D3-S1 semua jurusan untuk bagian call center / CS.

      Delete
  18. Kak mau tanya kalo di Jola ada kontraknya gak ya ?

    ReplyDelete
  19. Kak, kalo kerja di perusahaan outsourcing, apakah di dalam kontraknya terdapat larangan menikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di outsourcing tempatku kerja tidak ada larangan menikah.

      Delete
  20. Sistem pembagian shiftnya gmna ya ?

    ReplyDelete
  21. Lokasi kantornya di dalem hotelnya kak? Klo lingkungan kerjanya gmn kak, apa ada trainingnya dulu?

    ReplyDelete