Saturday, August 19, 2017

Pengalaman interview di PT VADS Indonesia sebagai agent CC indosat semarang


Hai reader's, apa kabar? Pasti pada sehat-sehat semua kan :). Mumpung hari ini lagi seloww dan nggak ada kesibukan, aku mau coba mengingat-ingat kembali walau samar-samar tentang prosesku melamar kerja di PT VADS Indonesia sebagai agent CC Indosat semarang. Aku akan menulis beberapa hal yang masih aku ingat. Pengalamanku ini mungkin akan berbeda dengan pengalaman orang lain. Postingan ini murni dari pengalaman aku sendiri, dan mungkin berguna sebagai gambaran bagi agan dan sista yang mungkin lagi melamar di posisi tersebut, atau mungkin nggak sengaja nyasar ke blog ini, nyari-nyari referensi kira-kira proses seleksinya seperti apa.
Oke langsung saja, aku daftar di PT VADS Indonesia melalui jobfair di semarang yang diselenggarakan oleh Undip pada tahun 2015. Pada saat itu aku baru-barunya lulus kuliah, dan diajak sama teman aku ke jobfair untuk lihat-lihat siapa tau menemukan pekerjaan yang cocok yang bisa dilamar, maklumlah jobseeker dan fresh graduated. Jadi berangkatlah aku dan temanku boncengan berdua naik motor ke Undip peleburan untuk mengikuti jobfair tersebut. Karena masih fresh graduated, jadi aku nggak milih-milih masukin lamaran, yang penting bagi aku saat itu kalau lihat loker yang dibuka dengan kualifikasi S1 semua jurusan, langsung masukan lamaran disitu. Hahaha... Setelah aku dan temanku berkeliling, ketemulah stand PT VADS Indonesia, mereka lagi buka lowongan untuk posisi Call center. Di stand PT VADS lumayan ramai para pencari kerja yang masukin lowongan disana, dan kita sempat tanya loker call centernya call center apa? Dan merek jawab call center indosat. Tanpa pikir panjang aku dan temanku langsung masukin lamaran disitu karena kita lihat kualifikasinya bisa dimasuki semua jurusan mulai dari D3-S1. Setelah aku dan temanku drop lamaran disitu, kami lalu diberitahu bahwa besok sudah bisa mengikuti interviewnya langsung jam 8 pagi di gedung indosat pandanaran lantai 5.
Keesokan harinya, berangkatlah aku dan temanku dari Ngaliyan ke gedung indosat untuk mengikuti interviewnya. Kita Sampai di gedung indosat pandanaran kira-kira sekitar pukul 07.45 wib dan kita langsung cepat-cepat masuk dan naik ke lantai 5, tak lupa sebelum kita naik, kita ke resepsionis yang dilantai 1 dulu buat nuker KTP sama id card visitor sementara yang wajib digunakan selama berada di dalam gedung indosat. Di lantai 5 ternyata banyak sekali yang ikut interview, mungkin ada sekitar 30-an orang lebih dan mereka rata-rata dari jobfair.

Aku sempat berkenalan dengan peserta lain dan kebanyakan yang ikut interview tersebut memang para lulusan baru atau fresh graduated dari berbagai universitas. Kurang lebih sekitar jam 8 lebih dikit, baru di mulai proses interview atau seleksinya. Terlihat Mbak dan mas HRD datang menghampiri para peserta sambil membawa lembaran-lembaran yang akan dibagikan ke semua peserta. Isi dari lembaran-lembaran tersebut kurang lebih mengenai aturan kontrak, jobdesk kerjaan cc indosat, prosedur resign, gaji dan jenjang karir. Kita diberi satu-satu lembaran tersebut untuk dibaca dan dipahami. Bersamaan dengan itu, kita dijelaskan satu persatu poin-poin yang ada di lembaran-lembaran tersebut dan kalau misal ada yang keberatan atau nggak setuju bisa langsung pulang / mundur saat itu juga. Saat itu tidak ada peserta yang pulang atau keberatan dengan sistem kerja dan kontrak di CC indosat. Setelah penjelasannya selesai, kami para peserta seleksi diberi lembaran-lembaran baru lagi untuk diisi, yang isinya kalau nggak salah tentang biodata, hobby, pengetahuan dasar komputer, hal-hal mengenai diri pribadi dan ada soal bahasa inggrisnya juga. Soalnya gak sulit karena itu baru tahap pertama. Setelah diisi semua lembarannya, lembaran tersebut kita kumpulkan kembali dan kita diminta menunggu nama kita dipanggil satu persatu untuk interview langsung dengan HRD nya.
Setelah sekian lama menunggu akhirnya nama aku di panggil juga. Aku di interview oleh mas dian. Untuk interview 1 diminta untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia dan Inggris, ditanya juga tentang jobdesk call center itu apa saja, apa yang diketahui tentang call center, ditanya macam-macam OS hp ada apa saja, udate hp terbaru apa, punya media sosial apa saja, kenapa mau jadi call center, produk indosat yang diketahui apa saja, dan diberi case misalkan nggak ada jaringan di hp langkah apa yang akan di lakukan jika berada di posisi Customer dan call center. Untuk pertanyaan terakhir agak nyekak dikit, karena aku jawab sekenaku saja. Maklum belum pernah punya masalah sama yang namanya blank spot / nggak ada signal. Hahaha.. jawaban yang aku berikan agak ngasal tapi untung nya ngga salah-salah juga sih. Karena jawabanku masih kurang benar, maka sama mas HRD nya dikoreksi diberi tahu langkah-langkah yang tepat itu seperti apa. Btw kalau dibandingkan dengan peserta lain, aku termasuk salah satu peserta yang cukup beruntung pada saat itu, karena interviewku nggak full menggunakan bahasa Inggris. Inggrisnya cuma diperkenalan saja, Kalau aku lihat kiri kanan ku yang di interview sama HRD lain, kebanyakan hampir full menggunakan bahasa Inggris. Itu semua sepertinya tergantung HRD nya. Karena yang interview nggak cuma 1 atau 2 orang HRD, tapi banyak... lah wong pesertanya banyak sekali hehe..
Oke next, setelah selesai interview 1, aku diminta jangan pulang dulu, karena nanti jam 1 siang akan ada psikotest dan aku diminta langsung ikut psikotest pada hari itu juga. BTW, yang gugur pada saat interview 1 lumayan banyak. Untuk Sisa para pesertanya kurang lebih hanya tinggal setengahnya saja. Jam 1 siang pun tiba, untuk psikotest, para pesertanya digabung dengan para peserta lain yang sudah di interview duluan di hari-hari sebelumnya. Kita masuk ke ruang bundar yang ber AC *AC nya dingin banget* lalu diberikan soal-soal psikotest. Untuk urut-urutan psikotesnya aku sudah lupa, yang jelas ada soal koran menghitung angka-angka dari bawah ke atas, ada soal mencari persamaan kata dan gambar, soal matematika deret angka, soal mencocokan gambar, menggambar meneruskan dari titik atau pola yang sudah ada, menggambar manusia, menggambar pohon, dll. Test psikotesnya banyak amat sampai nggak begitu ingat semua dan testnya lumayan nguras tenaga.
Soal demi soal dikerjakan dan tak terasa waktu menunjukkan sudah ashar. setelah psikotestnya selesai, lanjut ke typing test. Typing test itu menguji kecepatan dan ketelitian mengetik dalam waktu tertentu. Kalau salah ngetik nggak bisa di hapus. Para peserta diberi paragraf dan diminta mengetik paragraf tersebut sesuai waktu yang ditentukan. Alhamdulillah aku berhasil lolos dari typing test dalam sekali test saja. Namun, Ada juga beberapa peserta yang harus mencoba atau test berkali-kali sampai akhirnya memperoleh nilai yang ditargetkan. Selang beberapa lama kemudian akhirnya typing test selesai, dan waktu sudah menunjukkan hampir Maghrib.
Lanjut, setelah typing test, para peserta istirahat sebentar karena kepentok Maghrib. Kita diberitahu akan ada satu test lagi di hari itu yaitu, phone test. Ditahap ini para peserta di test suaranya. Apakah masih berlogat atau nggak. Kita diberi kertas dan kita disuruh baca kalimat-kalimat yang ada di kertas tersebut. Usahakan jangan sampai medok ya, karena kalau medok akan disuruh baca brulang-ulang sampai pihak sana minimal sudah nggak terlalu dengar lagi logat kedaerahannya. Karena kerjaan call center itu melayani Customer dari seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Jadi saat handling customer gunakan bahasa Indonesia yang baik dan jangan sampai logat kedaerahannya terbawa. Satu demi satu para peserta digilir untuk ditest suaranya. Dan akhirnya phone test pun selesai. Fiuhh capek banget rasanya mengikuti serangkaian test dari pagi sampai malam.
Setelah kelar semua test di hari itu, sebelum pulang para peserta diminta untuk nanti mengirimkan scan surat keterangan sehat dari dokter /puskesmas /RS, scan ijazah, dan scan transkip nilai ke alamat email yang telah ditentukan. Jika sampai besok pagi nggak mengirimkan berkas-berkas tersebut maka akan dinyatakan gugur. Waduh.. untung saja aku sudah minta surat keterangan dari RS 2 hari sebelumnya. Kalau nggak aku bisa keteteran dan nggak sempat karena pulang juga sudah malam. Kita juga diinformasikan bahwa kita akan di interview user dari Jakarta dalam waktu maksimal tiga hari ke depan. Jadi siap-siap hpnya selalu dalam kondisi on, dan persiapkan juga bahasa inggrisnya karena pada saat interview user pasti juga ditest bahasa inggrisnya.
Berselang 2 hari kemudian, aku ditelepon oleh user dari Jakarta. Mulailah sesi interview user dan aku agak deg-degan juga. Pertama aku diminta memperkenalkan diri menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Aku hanya bisa sampai di perkenalan saja bahasa inggrisnya, trus si user tanya yang lain-lain menggunakan bahasa Inggris, namun dengan polosnya aku bilang gini " maaf pak boleh interviewnya menggunakan bahasa Indonesia saja? Biar enak ngobrolnya, soalnya bahasa Inggris saya pasif...XD ". Dan untung saja si user nggak keberatan, diperbolehkan. Interview usernya hampir sama dengan interview 1, tapi bedanya di interview user lebih mendalam pertanyaannya. Untuk pertanyaan yang masih aku ingat yaitu, hal apa yang bisa membuat kamu down, apa motivasi mu bekerja, apa yang kamu lakukan di Waktu luang, apa yang disukai dan tidak disukai, berapa lama kamu akan jadi call center serius atau nggak, rencana 5 tahun ke depan seperti apa, dan bla bla bla. Nah itu hanya beberapa pertanyaan yang aku ingat. Selebihnya lupa..haha
Setelah interview user selesai, pihak user memberitahukan jika lolos nanti akan dihubungi kembali untuk dijadwalkan mengikuti training. Maksimal waktu menunggu sekitar 2 minggu dan training nya sekitar kurang lebih 16 hari. Nah sampai disitu aku bincang-bincang dengan si user. Kurang lebih sekitar hampir 2 minggu, aku ditelpon oleh indosat / vads yang menginformasikan bahwa aku lolos interview user dan dijadwalkan mengikuti training 2 minggu lagi. Untuk waktunya akan di informasikan kembali. Selang beberapa hari aku di telpon lagi di informasikan tanggal dan waktu training dan apa saja yang perlu di siapkan. Dan akhirnya 2 minggu kemudian aku mengikuti training dan bergabung dengan squad batch 60. Alhamdulillah aku lolos training dan resmi menjadi agent CC indosat mulai tanggal 4 Januari 2016 sampai dengan maret 2017, dan awal Mei 2017 aku resign karena sakit setelah dipindah ke divisi baru non CC.

Oke sekian dulu untuk postingan saat ini, semoga bermanfaat :). Thank u sudah berkunjung. Sampai jumpa lagi di postingan-postingan yang lain.

184 comments:

  1. Kak. Resign nya karna d pindah ke non cc. Memangnya dipindah ke divisi apa kak

    ReplyDelete
  2. Kak. Resign nya karna d pindah ke non cc. Memangnya dipindah ke divisi apa kak

    ReplyDelete
  3. kalau jumlah seat di cc indosat semarang ada berapa?
    sama total jumlah agent nya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jumlah seat nya aku gak tahu brp. Yg jelas jumlah agentnya buannyakkk 😁

      Delete
  4. membantu bgt kak blog nya. Masih kk

    ReplyDelete
  5. Sekarang kerja dimana mbak? Aku masuk ke PT Vads jg setelah baca blog mu
    dan yang km ceritakan di blog ternyata aku alami jg. resign jg setelah dipindah ke LB CR

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku sekarang di provider si biru. Msh lbh baik menurutku yg si biru lebih tertata manajemen nya. Mgkin Krn beda client. 😁

      Delete
    2. PT vads ini outsourcing ya mba?

      Delete
  6. Dan resign ku jg tdk prosedural, soalnya on the spot H-1 lebaran kmrn dan kebanyakan temenku di Call center lantai 6 byk yg di EOC, di LB CR sampai rumah pun msh kebayang2 case yg blm di closed dan msh numpuk
    aslinya enak di Call center
    tp semenjak ganti Manajemen jd beda aturan dan tdk kondusif lg floor nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu... Tp vendornya masih tetap Vads kan?

      Delete
    2. skrng udh ganti persada, vads eoc besar besaran setelah ganti client, kontrak habis pun gada perpanjangan kontrak tertulis, hanya asal kerja aja tp tiap bulan digaji

      Delete
    3. oh bgitu.. teman2 ku juga disana banyak yg sudah di EOC juga

      Delete
    4. Py. vAds itu berarti bukan hoax ya mbak,,??
      Sering x aq dpt panggilan disana tapi takut hoax,, karna aq lulusan SMK, tapi pengalaman dh di cc

      Delete
    5. Bukan hoax. benar kok perusahaan outsorcing.

      Delete
  7. Nice blog. Kak mohon maaf sbelumnya klo untuk CC di Pt. Vads itu boleh disebutkan untuk gapok perbulannya? Dan apa saja yg didapatkan? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perihal gaji dll akan disampaikan saat km mengikuti interview dsana :) yg pasti menyesuaikan umr/umk kota semarang.

      Delete
  8. Kalau yg untuk costumer service itu gmna kak? trus di pt vads fasilitasnya apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. customer service yg kamu maksud CS galeri indosat ooredoo yg bertemu langsung dgn customer atau apa? klo cs galeri aku nggak tahu. klo fasilitas dulu standar aja, ada breakroom, pantry, kantin, mushola tiap lantai, dll.

      Delete
  9. PT. Vads Itu perusahaan Outsourcing ya ?

    ReplyDelete
  10. Klw nggak bisa ngetik cepat bisa ndak ya? Trs hrs lgsg ttd kontrak setahun ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disana kontraknya tdk setaun mba, tp cuma 4 bulan, dan saat perpanjangan pun tdk ada kontrak, hanya kerja tetapi dibayar dan bisa di end off kontrak sewaktu waktu, bisa ngetik cepat atau tdk gada jaminannya, ini pengalamanku sewaktu kerja di pt VADS di semarang selama 10 bulan

      Delete
  11. kak, maaf mau tanya, apakah diperusahaan tersebut ada penahanan ijazah nya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu aku masih kerja di sana tidak ada penahanan ijazah 😊

      Delete
  12. Trima kasih..blognya sangat bermanfaat..hahaha wlpun beda tahun

    ReplyDelete
  13. maksud saya mba Karunia Yeni Susilowaty , untuk saat ini masih berkerja di perusaaan swasta atau s sudah menjadi pegawai PNS?

    ReplyDelete
  14. Kak kalo training sabtu libur nggak ya?

    ReplyDelete
  15. Kak waktu training, hari sabtu libur nggak ya?

    ReplyDelete
  16. Ka mau tanya ... Apa waktu kerja nya 5:2 (lima hari kerja off 2 hari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo 5 hari kerja, masuk 9 jam off 2 hari. kalau masuk 6 hari kerja, off 1 hari dan ada sehari masuk 5 jam.

      Delete
  17. aku mau masuk vads masukinnya langsung kelantai 5 ta

    ReplyDelete
  18. Kak kan ada lowongan tuh di website resmi Vads. setelah daftar isi data selesai itu pasti semua peserta yg daftar ikut interview kah? dan saya mau nanya kak apa saja sih yg buat peserta gagal interview dr yg kaka liat saat dulu melamar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang percaya diri. kalau di tanya2 jawab aja sejujurnya dan pede aja. salah gpp. medok atau logat kedaerahan di kurangi kalau bisa di hilangkan ya saat wawancara.. karena mereka juga melihat cara berbicara kak..

      Delete
  19. aku kmren ngelamar tanggal 18, besok dipanggil untuk tes kak.. tp bisa reschedule dan aku minta hari kamis.

    ReplyDelete
  20. Apakah penempatannya cuma di daerah semarang dan yogyakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku taunya cm di semarang dan jogja. semarang untuk indosat, jogja XL

      Delete
  21. Saya baru saja dihubungi untuk ikut wawancara pt pt vads sebagai call center e-commerce itu bagaimana ya nantinya? Apakah sistem kerja disana sangat ketat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau e commerce aku tidak tau ketat atau tidak, tergantung client nya.. hehe

      Delete
    2. Cara biar bisa daftar di PT vads bagian CC e-commerce gimana ya kak?

      Delete
    3. coba kakak cek instagram nya pt vads. biasanya di up disitu juga :)

      Delete
  22. hi ka mau nanya untuk vads sendiri sistem gajinya bagiamana? apa akan dipotong setiap bulan? atau langsung dari perushannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gaji ada potongan. potongan bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan. haha :D

      Delete
  23. Hallo kak ijin bertanya yah , kalo PT VADS utk posisi call center qualifikasinya SMA apakah bisa ? Kalo bisa utk jam kerja nya sendiri bagaimana yah ? Senin sd jumat / senin sd sabtu ? Terimakasih sebelumnyah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dulu open vacant nya dari D3-S1 untuk call center indosat. Tapi klo sekarang aku tidak tahu. krn sekarang aku sudah tidak di project indosat. tp klo vads di jogja untuk call center XL setahuku jg open nya dari D3-S1. biasanya klo lulusan SMA bagian telemarketing. untuk kerjanya shifting ya bagian call center.

      Delete
  24. Kakak saya mau ngajuin penelitian di vads jogja kira2 karyawanya banyak yg kerjanya pebih dari setahun nggak ya kak

    ReplyDelete
  25. Selamat malam, ijin sharing mbak. Mau tanya, hari ini saya ada panggilan interview utk posisi yg saya lamar adalah trainer tokopedia di jogja, tapi dikasih tawaran sbg TL nya. Menurut mbak lebih enak ambil posisi trainer atau TL ya? (dilihat dr sisi manapun)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dilihat dari risk pekerjaannya lebih berat tanggung jawab TL. Klo misal sebelumnya km sudah pernah jadi TL dipekerjaan sebelumnya, y gak papa2 ambil saja. Klo jadi TL ya kerja tim, maintan dan bisa coach agent2nya juga. hehehe... klo kamu punya jiwa leadership ya saranku ambil TL. tapi klo sukanya ngajar ambil trainer / LD juga gpp. ikuti kata hati nurani saja.

      Delete
    2. Utk TL tokped 24jam ya mbak shifting? Berapa hari kerja berapa hari libur? Statusnya kontrak berapa tahun? Apakah jenjang karir di vads sbg TL ini jelas? Bisa pengajuan cuti? Soalnya ada sebagian telemarketing atau cc yg susah bgt buat cuti. Kalo utk TL di vads gimana ya?

      Delete
    3. Utk TL tokped 24jam ya mbak shifting? Berapa hari kerja berapa hari libur? Statusnya kontrak berapa tahun? Apakah jenjang karir di vads sbg TL ini jelas? Bisa pengajuan cuti? Soalnya ada sebagian telemarketing atau cc yg susah bgt buat cuti. Kalo utk TL di vads gimana ya?

      Delete
    4. klo untuk TL tokped aku tdk tahu mekanismenya. klo di vads yang project 817 XL, jam kerja TL shift ya tetap 24 jam. jadwal duty nya di rolling bisa masuk pagi, siang, sore atau malam. yang ku tahu klo TL 9 jam kerja 2 hari libur. Bisa ajukan cuti kok (untuk vads XL)

      Delete
    5. klo Status kontraknya aku juga kurang tahu, karena aku tidak menjabat sebagai TL. tp klo misal sudah jadi TL, akan di nilai performanya. klo bagus bisa tetap di TL / naik jabatan (promote) tp klo jelak performnya bisa turun atau di copot dari jabatan TL.

      Delete
  26. Kak untuk chat e-commerce itu bagaimana pekerjaan nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo chat e-commerce seperti cs sosmed. Balas2 chat gitu dari customer via sosmed e-commerce nya atau via fitur chat di aplikasi e-commerce.

      Delete
  27. Apa bener kalo kabur di vads terus diblaklist? Tp kok ak daftar lagi, dipanggil lagi ya. Ada yg bilang blacklistnya cuma 1 bulan. Meskipun gak bayar pinalty nya? Bener kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo itu aku tidak tahu. klo sesuai ketentuan resign tidak prosedural kena penalty dan katanya di blacklist. tapi fakta di lapangan berbeda, agent main kabur aja tanpa kena penalty dan ada yang sudah resign tapi balik lagi ke vads. Untuk blacklist berapa lamanya aku tidak tahu. hehe

      Delete
    2. Sudah pernah kerja di vads dan sudah kaburkah?

      Delete
  28. Kak izin bertanya, kalo bekerja di sana apakah bisa untuk seorang karyawan yang berkerja sambil kuliah? Apalagi saya seorang perantau

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kerja sambil kuliah sulit karena jadwalnya shift dan kita tidak bisa terus2an request jadwal. karena sudah ada wfm yang ngatur buat jadwal shifting.

      Delete
  29. Apakah gaji akan di potong pt.vads trus berapa klo di potong kan outsourcing

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipotong untuk bpjs aja. BPJS kesehatan, BPJS ketenaga kerjaan dan jaminan hari tua,

      Delete
  30. Wah mantap. Love you kak hihi pisshh

    ReplyDelete
  31. Ka saya dapat wa dari hrdnya terus saya disuruh interview dan psikotes tapi ini PT VADS INDONESIA yang di Yogya.Ini beneran jelas engga soalnya dikaskus ada yang bilang kita dipekerjakan seperti robot.
    Kasih sarannya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. PT VADS INDONESIA jelas kok.. gak usah khawatir. klo kerja seperti robot, nggak juga. Sebelum daftar pasti sudah tau kan klo pekerjaan customer service itu seperti apa. hehehe :)

      Delete
  32. Kak mau tnya dong,aku kan sebelum nya udh pernah ngelamar di vads, trus aku udh mengikuti training 2 hari, hari yg ketiga aku keluar karna kondisi tubuh yg lgi ngdrop banget, terus 7bula setelah itu aku ngelamar lagi, dan di panggil buat interview tapi kata pihak vads nya nama ku udh di blacklist dr prusahaan, padahal waktu pertama aku training, blm ada yg nama ny tandatangan kontrak kerja, kok udh di blacklist aja? Tolong di jawab kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu sorry aku tidak begitu tahu tentang mekanismenya. mgkin kebijakan dari HRD juga kali ya..haha tp setahuku klo sdh ttd kontrak trus kabur maka di blacklist. Tp klo masih training aku tidak tau, mgkin itu sdh kebijakan dari vads nya juga.

      Delete
  33. Kak mau tanya. Bagian yg tdk mengharuskan bisa berbahasa inggris itu bagian apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu kurang tau juga aku, mungkin bisa di coba di bagian telemarketing. waktu dulu masih kerja disana minimal inggris pasif ya di bagian call center nya.

      Delete
  34. Jenis pekerjaan yg bisa dilamar di vads apa aja y kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis pekerjaan selain call center dan CS ada yang lain juga.. silahkan bisa cari2 di internet.. heehe

      Delete
  35. Wah bermanfaat banget blognya, makasih banyak ya kak udah mau sharing☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup sama2. terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
    2. Kak bs info posisi eduservice telekomunikasi pt. Vads itu spti apa job desknya? Utk sistem kerjanya dari jam brp sampe jam berapa ya. Makasih.

      Delete
    3. eduservice aku tidak tahu jobdesk nya seperti apa. hehe

      Delete
  36. Kak mau tanya.. Kl misal dh dtrima jd Call center trs mengajukan ijin krna ada kepentingan yg tdk bisa dtinggalkan..diijinkan gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ada kepentingan yang tidak bisa di tinggalkan, dapat di koordinasikan dengan team leader

      Delete
  37. Kak, mau tanya dong.Trainingnya kan lumayan lama tuh 2 minggu isi materinya apa aja ya kak? Kemudian yang mengajari dari pihak vads sendiri atau dari pihak vendor luar?Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. isi materinya mengenai produk knowledge dan cara2 handle customer. Yang ngajar dr Vads.

      Delete
  38. Kak mau tanya saya bsk mau training di vads, bila sdh training itu apakah msh ada kemungkinan tdk diterima? Dan indikator lolos training itu apa? Lalu bila sdh kerja apakah jenjang karir menjanjikan? Klo bisa minta tips and trick buat lolos dan dibterima kerja di vads juga dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila sdh training msh ada kemungkinan tdk diterima. Untuk indikatornya aku tidak tau karena bukan previlage ku, karena yang akan melakukan evaluasinya itu adalah LD untuk lolos atau tidaknya. Jika sudah kerja / diterima di vads apabila rajin, score card bagus performa bagus bisa direcomendasikan ke unit Atau bisa ikut vacant ke unit lain jika di buka.

      Delete
  39. Kak mau tanya saya bsk mau training di vads, bila sdh training itu apakah msh ada kemungkinan tdk diterima? Dan indikator lolos training itu apa? Lalu bila sdh kerja apakah jenjang karir menjanjikan? Klo bisa minta tips and trick buat lolos dan dibterima kerja di vads juga dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di jawab di atas ya. untuk tips dan trick belajar aja tentang product knowledge, saat di jelaskan oleh LD memperhatikan dan catat hal-hal yang dirasa penting. Lalu saat taking call pede aja. haha

      Delete
  40. kak apakah harus bisa bahasa inggris,karena saya sangat tertarik bekerja sebagai cc tapi takut pas interview nanti gak bisajawab:(

    ReplyDelete
  41. PT vads itu perusahaaan outsourching ya ?

    ReplyDelete
  42. Kak.. Kalau datangnya telat masih bisa ikut interview nggak ya?

    ReplyDelete
  43. Di pt vads apakah dikasih makan siang dan wakwa untuk ibadah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo selama aku di indosat dulu tidak dapat makan siang. Dapat makan hanya pada saat downshift. Kalau waktu ibdah/sholat bisa ambil aux atau ijin ke RTFM.

      Delete
  44. Maaf kak mau tanya, apabila sudah ikut interview awal lalu pas interview user tidak hadir, apakah akan di blacklist namanya jika mendaftar lagi beberapa bulan kemudian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di blacklist atau tidaknya aku tidak paham juga. Tergantung kebijakan dari para HRD mungkin :)

      Delete
  45. Kak mau tanya, sampai akhirnya final trus kaka lolos itu ada tesnya lg gak?? Kalo ada gimana ya kak tesnya ,mksh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahap terakhir interview user. Setelah itu tinggal tunggu pengumuman lolos seleksi atau tidak. Jika lolos seleksi nanti ikut training. Pada saat training juga belum tentu lolos, diakhir taining akan ada penilaian akan ada ujian lagi dan dinilai lagi. Jika layak / memenuhi kriteria maka akan lolos menjadi agent Call center.

      Delete
  46. kak mau tanya, sebenernya kerja disana recomended ga? dengan gaji, fasilitas, dan kerjaannya sehari-hari, makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaji standar aja sekitar 2 jutaan lbh. mgkin awal2nya berat, tp seiring waktu nnti akan terbiasa. klo untuk kebutuhan sehari2 cukuplah untuk orang yg masih single... :)

      Delete
  47. kak besok aku ada interview di pt vads, kebetulan bagian ku itu Eduservice Telekomunikasi, itu gimana ya kak? beda ya sama cc?

    ReplyDelete
  48. Kak,mau tny lalo eduservice telekokunikasinitu ngapain ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm... aku tidak tau mgkin semacam CS ttg edukasi2 gitu. lbh jelasnya coba browsing atau tanyakan langsung ke bagian yang buka lowongan tsb.

      Delete
  49. Kak mau tanya kalo bagian live chat e commerce kerjaannya gimana ya..enak apa nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerjaanya balas2 chat dari customer yang complaint atau tanya2 seputar produk melalui aplikasi chat. enak atau tidaknya aku tidak tau krn ku blm pernah di bagian live chat.

      Delete
  50. saya kemarin ngirim lamaran di pt vads, dan posisi yg lagi buka itu eduservice telekomunikasi, klau boleh tau itu jobdeskny sama kayak CS gak sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm... aku tidak tau mgkin semacam CS ttg edukasi2? lbh jelasnya coba browsing atau tanyakan langsung ke bagian yang buka lowongan tsb.

      Delete
  51. tertarik sih pengen coba gitu, tp takut gak lolos mana posisi saya jauh di kediri,

    ReplyDelete
  52. Buat kak Yeni Susilowati, mau nanya dong kak, kan saya Rabu Bsok ad interview HRF & Psikotes di PT Vads Jogja. Minta tipsnya dong kak itu tahap"nya harus gimana aku nya? & Saya intrviewnya di bagian Live Chat_E commerece, btw itu kerjannya ngapain ya kak? Smoga di balas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak bima, besok kamis saya juga ada interview dan psikotes di PT Vads Jogja bagian live Chat_E commerce . Boleh nanti saya sharing2 gmana tes nya ya kak?

      Delete
    2. maaf ya baru di balas. live chat e-commerce itu seperti customer service tapi via live chat dengan customer yg compliant atau menanyakan info ttg produk melalui aplikasi live chat atau medsos gitu. klo tahap2nya maaf aku tidak tau, hehe.. coz blm pernah ngerasain di bagian itu. mgkin kamu harus mnecari referensi2 atau tau dulu ttg apa itu e-commerce.

      Delete
  53. & apakah ada penalty atau denda kerja ketika mengundurkan diri kontraknya belum habis? Mhon dijwab kak, trims😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo resign dadakan ada penalty kak.. aku saranin klo mau mengundurkan diri one month notice aja biar dpt surat ket kerja. :)

      Delete
    2. tambahan klo mau mengundurkan diri sebelum kontrak habis bisa kok. asalkan one month notice ya.. mengundurkan diri baik2. :)

      Delete
  54. Mau sarannya dong kak, aku dapat e-mail nih dari PT vads CC marketplace di jogja, itu apaan sih? Kerjanya ngapainn? Terus ada bukalapak gtu mksdnya gmn yaa, mohon di bantu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. marketplace aku juga baru dengar kak. Di vads jogja selain project XL ada project lain juga seperti bukalapak, tokopedia, shopee. :)

      Delete
  55. Ini berlaku juga gak kak buat posisi lain? Soalnya saya disuruh datang interview untuk posisi data Analyst 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. untuk sementara untuk bagian call center aja. Klo data analyst aku tidak tau prosesnya gimana.

      Delete
  56. hallo kak mau tanya dong, kalo customer representatif di pt.vads sama dengan cc atau gimana ya kak? :) mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. customer representatif bisa call center atau mungkin customer service

      Delete
  57. Klo boleh sharing dong ka gaji buat customer representatif berapa ya .. buat ngira2 soalnya perantauan

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gaji tiap bulan sekitran 2 juta-an tergantung umr di kota tersebut. gaji tsb di dapat dr gapok, ada juga shift allowance, dan klo masuk kerja tanggal merah ada insentifnya sendiri, dll.

      Delete
  58. kak mau tanya, besok saya dapat panggilan interview dari WA di bagian call center telekomunikasi di jogja, apakah serangkaian tes nya sulit?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sulit atau tidaknya tergantung individu yang menjalani. seperti test pada umumnya saat melamar kerja..

      Delete
  59. Kak mo nanya, kalo misal ada panggilan interview Dr pt vads, terus kita gak dateng, itu nama kita diblacklist ga??

    ReplyDelete
  60. kak boleh nanya, kalau kita udah daftar di web nya, trus kita harus nunggu konfirmasi email atau telepon dari office nya yaa kak? trus aku pernah tanya lewat akun ig nya vads, walk interview buka dari senin-jumat... itu gmn ya maksudnya? aku belum dapat konfimasi apapun sih kak.. maksh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sudah daftar di web ditunggu aja ya kak konfirmasi dari vadsnya. Atau kalau kelamaan coba kakak cek apakah ada nomor telepon yang bisa di hubungi di web nya tsb, klo ada coba aja kakak tanyakan untuk info lbh lanjut. klo walk in interview setauku biasanya langsung datang ke kantor vads nya dan bawa dokumen syarat2 lamaran kerja yang di butuhkan.

      Delete
  61. Kak, mau nanya bagian eduservice telekomunikasi itu jobdesk nya ngapain yah? Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo eduservice telekomunikasi maaf aku tak tahu jobdesknya apa

      Delete
  62. halo aku tertarik untuk mencoba eduservice telekomunikasi vads, adakah yg tau ttg bagian tsb boleh dishare:))

    ReplyDelete
  63. Saya lolos tes interview dan psikotest, kemudian lanjut test FGD, apakah dengan test FGD tersebut bisa kemungkinan besar lolos langsung disuruh training kerja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Test FGD apabila lulus akan di ikutkan training. Untuk training juga akan ada penilaiannya sendiri di akhir. Apabila lulus training baru diterima kerja.

      Delete
  64. Hallooo mba, ku habis interview nih di pt vads jogja, ngambil posisi di CSR, karna keputusan nggak langsung dikasih, nunggu sekitar semingguan buat dihubungin, sambil nunggu ini aku mau tau dong review di bagian CSR ini mba, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak, makasih ya sudah berkunjung di blog aku. Kalau blh tau kakak ngelamar di project apa? Karena di vads jogja setauku ada beberapa project tidak hanya XL 817 saja. :)

      Delete
  65. Hallo kak mau tanya dong, aku udh pra interview, terus udh psikotest juga tapi d suruh nunggu hasilnya di kabarin lagi katanya musti nya kan lgsg typing test ya dan interview user. Apa kemungkinan artinya ga lolos ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan test yang kakak ikuti itu bertahap. Jadi nunggu banyak pesertanya sekalian utk test tahap akhir. Kalau aku dulu setelah psikotest langsung typing test dan phone test karena saat itu memang vads lagi benar2 butuh dan saat seleksi pesertanya banyak. Kalau memang diminta tunggu, di tunggu aja kak maksimal 2-3 minggu. Apabila tidak ada kabar lbh dari 2-3 minggu maka kemungkinan besar tidak lolos ke tahap selanjutnya.

      Delete
  66. Hallo kak mau tanya dong, aku udh pra interview, terus udh psikotest juga tapi d suruh nunggu hasilnya di kabarin lagi katanya, mustinya kan lgsg typing test ya dan interview user kak. Apa kemungkinan artinya ga lolos ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dijawab di atas ya. :) Kalau misalnya tidak lolos mestinya langsung di beritahu saat itu juga.

      Delete
  67. Kakak mau tanya kalau untuk call center bukalapak juga sama tahap tes dan jobdesknya atau tidak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bukalapak aku tidak tau kak sama atau tidak untuk prosesnya. :)

      Delete
  68. Kakak mau tanya kalau untuk call center bukalapak juga sama tahap tes dan jobdesknya atau tidak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tahapan testnya aku tidak tau sama atau tidak dengan CC telekomunikasi. Tapi klo untuk jobdesknya kemungkinan hampir sama karena sama2 call center jadi mungkin tidak beda jauh :)

      Delete
  69. Kakak mau tanya kalau untuk call center bukalapak juga sama tahap tes dan jobdesknya atau tidak?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak Azizah, aku daftar Call center Bukalapak juga. Apakah kak Azizah sudah melalui tesnya?

      Delete
  70. Maaf mau tanya ka, untuk trainingnya itu ngapain aja ? Dan apa masih ada sistem gugur lagi? Tips agar lolos training gimana ka ? Terimakasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. training isinya isinya mempelajari produk knowledge, cara handling customer baik info dan complaint, dan roleplay. Diakhir training akan ada eveluasi lagi ya, kalau lolos tarining baru bisa onboard / taking call di floor. Tips untuk lolos training belajar ya kak, kalau di jelaskan sama trainer perhatikan dan catat hal2 yang dianggap penting saat training, dan juga jangan baper sama customer kalau kebetulan dapat yang hard complaint, ditambah lagi Percaya diri ya kak yakin pasti bisa. :)

      Delete
  71. Kak mau tanya untuk posisi telemarketing officer itu kayak gimana ya kak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. telemarketing itu seperti sales yang menawarkan produk ke customer tapi via telepon

      Delete
  72. Saya baru tadi dapat panggilan interview untuk posisi telemarketing officer. Tapi saya ragu mau berangkat hehe

    ReplyDelete
  73. Hallo kak,aku mau tanya,selama training itu kk dsruh ngpain aja? Apakah dsruh public speaking di dpan orng bnyak setiap harinya atau hnya mndengar arahan dari tentor? Trmkasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendengar materi yang disampaikan oleh LD / mentor dan role play sebagai CS.

      Delete
  74. aku mau tanya dong, pas test yang barengan sama kakak itu yg keterima kerja bareng kakak itu berapa orang?

    ReplyDelete
  75. Mau tanya soal cs perbankan dong ka?
    Apakah berhubungan langsung sm client atau hanya via online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lalu kamu kerja di bagian call center perbankan nya ga kak? aku baru dapet notif terkait pemanggilan untuk job tersebut

      Delete
  76. Kalo posisi live chat e commerce gimana kak tes nya?? Tau tidak kak? Nuhunnn

    ReplyDelete
  77. Kak aku baru aja kmrin Rabu psikotes dan interview dan lolos. Lalu dijadwalkan NHO Sabtu bsk lewat google meet jam 7 malam mungkin karena pandemi.. lalu Seninnya baru mulai training.. sarannya dong kak buat aku biar lolos soalnya aku jg blm tau NHO nanti disuruh ngapain.. aku masuk di telemarketing officer kak.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga dpt psikotes di vads 28 jan, mau tny kak, tesnya gimana ya ?? aku jg dftar sbgai TL, terimakasih

      Delete
  78. mbak, tamplate blogmu ngerusak mata

    ReplyDelete
  79. halo kak,mau nanya nih,kalo bagian telemarketing itu apa test nya sama dengan yang kaka jelasin di atas tadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau telemarketing aku belum tau kak gimana testnya. Karena aku juga belum pernah melamar di posisi itu. 😊

      Delete
  80. Kak mau tanya. Pas awal interview pertanyaan apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaanya lebih ke pengenalan diri sendiri, pengalaman kerja kalau ada, dan pengetahuan ttg produk perusahaan.

      Delete
  81. Hai kak , btw skrang kerja dimana ya?

    ReplyDelete
  82. Maaf ka mau tanya, selama training apa ada kemungkinan tidak lolos ya ? Terimakasih

    ReplyDelete
  83. Ya ampun masih aktif aja udh berapa tahun ini blog ��

    ReplyDelete
  84. Wah blog nya berguna bangettt. Oh ya kak untuk training itu tetap digaji UMR kah ?
    Terus apa bedanya pra interview dengan interview selanjutnya?

    ReplyDelete
  85. Kak aku baru kerja di vads buat project cec indosat ,, aku di batch 142 🤣, udh jauh ya kak dari batch 60

    ReplyDelete
  86. Hai kak, aku mau nanya. Kemarin aku ikut job fair dan kemudian applay custommer servis di PT vads, dan keesokan harinya dapet panggilan untuk tes wawancara. Apakah tes nya hanya itu saja atau masih ada kak ?

    ReplyDelete