Friday, April 2, 2010

Kerusakan Flora dan Fauna oleh Manusia.

a. Pencemaran.
Pencemaran lingkungan merupakan factor yang sangat berperan dalam menciptakan kerusakan flora dan fauna. Hasil dari sisa-sisa kemajuan teknologi telah meracuni tanah, air, serta udara. Teknologi hendaknya diciptakan sedemikian rupa sehingga tetap ramah terhadap lingkungan. Pencemaran dapat dibagi menjadi tiga : pencemaran udara, air, dan tanah. Asap pabrik dan kendaraan bermotor melepaskan karbon monoksida ke udara. Udara yang tercemar naik bercampur dengan uap air, terkondensasi, dan turun sebagai hujan. Air hujan yang telah tercemar karbon monoksida bersifat asam sehingga sering disebut hujan asam. Pencemaran air itu pada hakikatnya juga menyebabkan pencemaran udara dan tanah. Zat-zat polutan dalam air yang tercemar akan terurai dan bercampur dengan udara ketika berlangsung proses penguapan. Pencemaran tanah juga menyebabkan pencemaran air dan udara. Zat-zat polutan yang ada didalam tanah dapat menguap ke udara, menimbulkan bau tak sedap dan menyesakkan pernapasan. Sebagian zat polutan itu juga memasuki air tanah dan mengisi air sumur, sungai, serta danau.

b. Eksploitasi Hutan.
Pengambilan hasil hutan secara besar-besaran cepat atau lambat laun akan memusnahkan flora dan fauna tertentu di muka bumi. Beberapa flora memiliki pertumbuhan yang sangat lambat, sehingga untuk memperbaharuinya diperlukan waktu yang sangat lama. Ada juga flora yang hanya tumbuh pada waktu tertentu misalnya, Rafflesia arnoldi.

c. Perburuan Liar.
Badak diburu manusia karena diyakini culanya yang berkhasiat sebagai obat. Cendrawasih diburu karena bulunya yang indah. Dan beberapa fauna lagi diburu karena alasan tertentu. Inilah yang menyebabkan beberapa fauna berada diambang kepunahan.

d. Penggunaan Pestisida.
Pestisida dimaksudkan untuk membunuh hewan perusak tanaman. Secara tidak sengaja pestisida juga membunuh hewan yang menguntungkan. Beberapa burung mati akibat penggunaan pestisida. Pestisida berpengaruh terhadap pembentukan kalsium dalam tubuh burung. Akibatnya, burung menghasilkan telur yang kulitnya sangat tipis sehingga bayi burung tidak dapat bertahan hidup.

e. Penggunaan Pupuk Buatan.
Disatu sisi pupuk buatan berfungsi menyuburkan tanaman. Pupuk juga telah berperan besar terhadap kelangkaan beberapa jenis fauna. Pupuk yang disebarkan dilahan pertanian tidak semuanya diserap oleh tanaman. Beberapa diantaranya telah dihanyutkan air hingga sampai ke sungai dan danau. Pupuk ini menyuburkan tanaman air seperti eceng gondok hingga pertumbuhannya melampaui batas toleransi. Tanaman ini menyerap oksigen yang dibutuhkan oleh ikan. Eceng gondok yang telah membusuk menyebabkan air bersifat asam.

No comments:

Post a Comment